ikatlah ilmu dengan menuliskannya"sanitomichie"

Friday, July 13, 2007


Melangkah dalam satu tujuan menuju ridho illahi.

Memelihara Perut
HAi orangorang yang beriman,makanlah diantara rezeki yang baik baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah jika benara benar ahanya kepada-Nya kamu menyembah. ( QS al-Baqarah [2]:172)

Aktifitas makan aternyata bisa menjadi jalan seseorang untuk mengenal dan lebih akrab dengna Allah Azza Wa Jalla,namun bisa juga menjadi jalan baginya dekat pada hawa nafsu,BAgi amba Allah yang telah memahami hakikat makan ,tatkala makana telahmasuk kedalam perutnya ,ia akan memperleh dua keintungan yakniterpenuhinya hak tubuhnya sekaligus dapat melunakan hawa nafsunya. Dengan demikian maka baginya telah menjadi ladang amal shaleh.

Sebaliknya bagi siapa saja yang tidak mengerti arti hidup ini ,maka baginya makan tak lebih dari sekedar memuaskan hawa nafsu belaka dengan demikian,makan ,tidak bisa tidak telah menjadi virus yang tanpa disadari akan menggerogotinya sehingga menjada hancur sehancur hancurnya.Jelas bagi orang semacam ini aktifitas makan hanya akan semakin menjauhkan dirinya dari karunia Allah.

Barang siapa yang ingin memiliki hati yang sehat dan senantiasa memelihara kebeningannya,hendaknya senantiasa menjaga kehati-hatiannya ketika menghadapi suatu hidangan ,ia tahu persisi makna suatu perintah Allah Azza Wa Jalla"Hai orag orang yang beriman,makanlah diantara rizki yang baik baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah jika benar benar hanya kepada-Nya kamu menyembah-Nya"( QS al-Baqarah[2]:172) Karenanya ia hanya mau makan bila hal itu bisa menjadi alat taqarrub kepada Allah .


Betapa ia menyadari ,bhawa aktifitas makan itu ternyata bukanlah sekedar untuk mengenyangkan perut ,lalu berdampak pulihnya kembali tenaga didalam tubuh .Makan pun bukan sekedar mengucap kenikmatan karena nikmatnya makan itu hanya "sepanjang telunjuk"

No comments:

ilmu adalah investasi tiada henti