ikatlah ilmu dengan menuliskannya"sanitomichie"

Sunday, May 13, 2007

Singkat Saja Namamu

Melangkah dalam satu tujuan menuju ridho illahi.

Singkat saja Namamu

Oleh : Amri Knowledge Entrepreneur

Hidup, tentunya penuh tantangan dan halangan. Kalau hidup tidak ada tantangan dan halangan, namanya bukan hidup dalam kehidupan. Kecuali nanti di Surga, Insya Allah semuanya serba mudah dan tanpa tantangan serta halangan.

Ketika kita dihadapkan tantangan dan halangan terus menerus, setiap harinya, kita sering menjadi kelelahan dan bahkan bisa menjadi frustasi menghadapinya. Oleh karena itu, banyak jalan untuk menyemangati kembali, agar mampu menghadapi kehidupan itu. Salah satunya adalah singkat saja nama kita dengan singkatan yang menyemangati.

Salah satu contoh sangat sederhana dan ini sangat menyemangati kehidupan saya ketika dihadapkan aneka tantangan dan halangan, kemudian merasa diri tak berdaya, maka untuk membangkitkannya, nama AMRI, saya singkat menjadi Anak Muda Republik Indonesia. Semoga dengan singkatan AMRI adalah Anak Muda Republik Indonesia, kami akan terus menerus berjiwa muda.

Begitu juga, ketika badan kurang sehat dan memerlukan olah raga, kadang-kadang malas juga berolah raga. Walaupun, saya sadar bahwa olah raga sangatlah penting, apalagi kalau usia sudah masuk kepala empat. Biasanya gejala asam urat, kolestrol dan beberapa penyakit pinginnya bersahabat dengan kita. Agar semangat berolahraga dan mengusir kemungkinan beberapa penyakit yang mau bersahabat, nama AMRI, saya singkat menjadi Ahli Mengayuh Republik Indonesia. Semoga dengan singkatan AMRI adalah Ahli Mengayuh Republik Indonesia, jiwa petualangan bersepeda agar sehat tetap berjalan dengan lancar. Bahkan minggu yang lalu, karena harus mengisi beberapa acara di Padang, sayapun menyempatkan diri membawa sepeda. Sehingga, disela-sela waktu kosong, bisa meluncur ke perbukitan Bungus, pantai Teluk Bayur, Malin Kundang dan tempat Siti Nurbaya yang terkenal dengan legendanya.

Sedangkan ketika teman-teman atau beberapa perusahaan swasta maupun instansi pemerintah mengajak untuk kerjasama konsultasi manajerial, terutama yang berkaitan dengan “Spiritual Smart Management”, yaitu manajemen stratejik berbasis spiritual, biasanya juga dihadapkan aneka tantangan dan halangan. Bahkan, banyak juga yang meragukan masukan-masukan, padahal hasil permintaannya sendiri, hanya karena saya masih terlalu muda bagi mereka. Sehingga, persis seperti sindiran iklan rokok tentang “Tidak boleh presentasi” sebelum menjadi tua atau berpakaian seperti tua dan senior he..he..he..... Agar kami tetap semangat menghadapi semua itu, nama AMRI, saya singkat menjadi Ahli Manajemen Republik Indonesia. Semoga dengan singkata AMRI adalah Ahli Manajemen Republik Indonesia, jiwa kami akan terus menerus siap membuka pikiran dan hati untuk menerima perubahan, agar bermanfaat bagi banyak orang.

Sahabat CyberMQ

Hidup ini, seperti hadist qudsi:”Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku kepada-Ku”. Maka, membuat singkatan nama diri kita, yaitu singkatan-singkat yang penuh optimistis, semoga Allah swt mengabulkannya.

Berani hadapi tantangan membuat singakatan nama kita, semakin kompetitif !!! Bagaimana pendapat sahabat ???

Masrukhul Amri: Seorang Knowledge Entrepreneur-pengusaha gagasan, bertempat tinggal di hp. 0812-2329518, Aktivitas sehari-hari sebagai Konsultan Manajemen Stratejik-Alternatif dan Director The Life University; Reengineering Mindsets - Unlocking Potential Power, TIM Daarut Tauhiid Bandung, sampai sekarang mengasuh acara MQ Enlightenment di 102.7 MQ FM. Spesialis konsultasi alternatif di beberapa perusahaan nasional dan multi nasional MBA-Main Bersama Amri di CyberMQ dan dosen tamu di beberapa perguruan tinggi di Bandung dan luar Bandung. Mottonya adalah mari sama-sama belajar menjadi yang terbaik. e-mail : amri{at}mq{dot} co{dot}id


Bekerja tanpa bekerja

Oleh : Amri Knowledge Entrepreneur
Bekerja tanpa bekerja Marilah kita dari hari ke hari menimati bekerja tanpa bekerja, yaitu kita tetap saja bekerja keras dalam menghadapi hidup dan menghidupi keluarga, namun jadilah penikmat bekerja tanpa harus bekerja.

Bagaimana caranya, bekerjalah dengan target yang sangat tinggi, namun bermain-mainlah dalam mencapai target tersebut. Bermain-main disini, bukan berarti bekerja tidak serius, namun menikmati pekerjaan dengan kegembiraan dengan penuh permainan.

Kalau temen-temen bekerja di kantor sebagai karyawan, maka mintalah izin agar bisa membawa foto keluarga, membawa boneka, atau apa saja yang bisa menyemangati kehidupan kerja dan kehidupan keluarga.

Bagi temen-temen yang bekerjanya di rumah, maka ciptakan suasana rumah penuh riang, jangan terjebak pada tempat bekerja pada ruangan tertentu. Kalau perlu, bawa laptop ke dapur, bisa sambil render data, juga menghidupan pengering mesin cuci, atau apa saja yang membuat kita semakin produktif walaupun selama duapuluh empat jam perhari tetap berada di rumah.

Bahkan, sering-seringlah menemui teman bisnis atau membangun jejaring bisnis, jangan terlalu formal, bisa di mall, bisa diperempatan jalan tertentu, bisa di toko buku atau tempat mana saja yang positif dan memungkinkan untuk membangun jejaring bisnis.

Kalau perlu, jangan terjebak meja-meja kerja, sebab itu akan menghalangi terobosan-terobosan pemikiran kita. Kalau pikiran kreatif kita terlalu banyak gangguan sekat-sekat tempat kerja misalnya meja kerja, tempat kerja, atau apa saja, nanti ide kreatif kita akan menjadi tersumbat.

Ingat, kita bukan kuda, yang kemana-mana memakai kacamata kuda, agar melihatnya lurus ke depan. Kita, adalah manusia kreatif, kanan kiri banyak peluang, maka jangan sampai peluang itu terlepas begitu saja, hanya gara-gara berkacamata kuda, yaitu tidak pernah melihat peluang alternatif.

Sahabat CyberMQ

Hidup memang harus bekerja keras yang cerdas, namun jadilah pekerja keras yang cerdas tanpa harus kehilangan kegembiraan hidup. Sebab, hidup ini indah, maka nikmati pekerjaan sebagai bagaian dari kehidupan yang indah.

Berani hadapi tantangan bekerja tanpa bekerja !!! Bagaimana pendapat sahabat ???

Masrukhul Amri: Seorang Knowledge Entrepreneur-pengusaha gagasan, bertempat tinggal di hp. 0812-2329518, Aktivitas sehari-hari sebagai Konsultan Manajemen Stratejik-Alternatif dan Director The Life University; Reengineering Mindsets - Unlocking Potential Power, TIM Daarut Tauhiid Bandung, sampai sekarang mengasuh acara MQ Enlightenment di 102.7 MQ FM. Spesialis konsultasi alternatif di beberapa perusahaan nasional dan multi nasional MBA-Main Bersama Amri di CyberMQ dan dosen tamu di beberapa perguruan tinggi di Bandung dan luar Bandung. Mottonya adalah mari sama-sama belajar menjadi yang terbaik. e-mail : amri{at}mq{dot} co{dot}id

Irama semangat hidup

Oleh : Amri Knowledge Entrepreneur

rama semangat hidup Setiap diri kita, hampir setiap hari dihadapkan permasalahan yang silih berganti. Semua permasalahan itu, ada yang terselesaikan dan ada juga yang tidak terselesaikan. Ketika sebuah masalah terselesaikan, yang sangat menarik adalah muncul masalah-masalah baru dan bahkan banyak yang lebih berat dibanding dengan permasalahan sebelumnya.

Ketika menghadapi semuan problema kehidupan itu, ada tiga tipe irama semangat hidup manusia.

Pertama, manusia tipe irama musik tak untung .... tak untung .... tak untung .......

Manusia tipe ini, berkecenderungan untuk berirama selalu “Merasa tidak beruntung”. Jadi apapun yang dihadapi, selalu tetap merasa tidak beruntung. Ketika masalah datang, merasa tidak beruntung. Masalah sudah terselesaikan, juga tetap merasa tidak beruntung, sebab keinginannya, hidup tidak ada masalah sama sekali.

Kedua, manusia tipe irama musik dang ... dang .... tung ... dang ...dang .....tung .....

Manusia tipe ini, berkecenderungan untuk berirama kadang-kadang “Merasa tidak beruntung” dan kadang-kadang “Merasa beruntung”. Jadi apapun yang dihadapi, kadang-kadang merasa beruntung, namun juga sering merasa tidak beruntung. Manusia tipe ini, merasa beruntung kalau mendapatkan banyak kemudahan dan akan merasa tidak beruntung kalau mendapatkan banyak kesulitan.

Ketiga, manusia tipe irama musik untung… untung …untung…untung….

Manusia tipe ini, berkecenderungan untuk berirama selalu “Merasa beruntung”. Jadi apapun yang dihadapi, tetap merasa beruntung. Manusia tipe ini, selalu merasa beruntung, apapun suasana kehidupan yang menghampiri dirinya. Kalau mengalami banyak kemudahan, dirinya merasa beruntung dengan irama musik bersyukur. Sedangkan, ketika mengalami kesulitan juga tetap merasa beruntung dengan irama musik bersabar.

Sahabat CyberMQ

Hidup ini, dari dulu juga tidak jauh berbeda, apapun perkembangan zamannya. Secara garis besar hanya dua, yaitu ada kemudahan dan juga ada kesulitan.

Permasalahannya adalah, irama kehidupan kita menduduki posisi yang mana? Kalau berirama tak untung ... tak untung .... akan berkecenderungan untuk tidak pernah merasa beruntung. Apabila berirama dang .. dang tung…dang … dang … tung … berkecenderungan sering sedih dan sering gembira. Sedangkan bagi manusia berirama untung .. untung … untung …. Sangat berkecenderungan untuk selalu merasa beruntung, sebab bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian dalam hidupnya.

Berani hadapi tantangan, menikmati irama musik kehidupan untung .. untung ... untung ... dalam diri kita!!! Atau lebih senang memilih kesengsaraan hidup, dengan irama musik tak … untung .. tak … untung…… Bagaimana pendapat sahabat???

Menjadi Gembira

Oleh : Amri Knowledge Entrepreneur

Banyak cara untuk menjadi gembira dan rilek, setelah seharian bekerja keras mengelola bisnis atau mengelola pemerintahan. Namun, berkeinginan untuk menjadi gembira, ada yang betul-betul menjadi gembira karena caranya benar dan menggembirakan sekaligus menyehatkan. Namun banyak juga diantara kita yang ingin menjadi gembira dengan cara yang tidak benar dan tidak menyehatkan.

Salah satu contoh kasus ingin menjadi gembira dan tidak menyehatkan diri maupun masyarakat adalah menyimpan ineks, heroin, dan sahbu-sabu, seperti yang dilakukan oleh salah satu perwira polisi yang menjabat sebagai Kapolsek dan ini juga banyak dilakukan oleh para artis, pengusaha, dan juga para remaja.

Namun, ada juga beberapa kasus positif, yaitu ingin menjadi gembira dan menyehatkan diri maupun masyarakat dengan cara menyimpan sepeda di kantornya, sehingga bisa bike to work atau beberapa aktivitas menyehatkan lainnya.

Ketika teman saya yang bernama Bapak. Soni, salah satu mantan atlit sepeda dan sekarang agen sepeda terkenal di Bandung berkunjung ke Purwakarta, beliau sempat mampir ke Kapolres Purwakarta kalau tidak salah bernama AKBP Sofyan Syarif, ada satu hal yang sangat mengejutkan adalah ketika diterima di kantornya, disebelah meja kerja ada dua sepeda yang setia menemani. Beliau sangat senang bersepeda, dan selalu mengajak banyak anggotanya untuk bersepeda agar menjadi sehat.

Begitu juga kalau sahabat pernah ke Malang, disana juga ada Kapolres yang juga gemar bersepeda, bahkan ketika di Cikole bulan lalu diadakan lomba sepeda Down Hills, beliau juga mencoba mengikutinya sebagai peserta.

Kalau sahabat pernah main ke Jawa Timur dan main ke Kab. Tulung Agung, seorang Bupati yang juga punya hobi bersepeda dan bahkan sering mengumpulkan masyarakat Tulu Agung dan sekitarnya untuk mengikuti Gatering sepeda.

Sahabat CyberMQ

Jadi, banyak jalan untuk melepaskan rasa penat dalam hidup ini agar menjadi gembira, yaitu bisa dengan cara gembira yang tidak menyehatkan, bisa juga menjadi gembira dengan cara menyehatkan.

Maaf, sahabat tulisan ini tidak bisa diperpanjang, sebab saya harus segera mengepak sepeda untuk di bawa ke Padang nanti sore Kamis 3 Mei 2007, selama tiga hari kami padat acara, agar tidak penat dan tetap gembira, disela-sela kesibukan itu akan bersepeda keliling padang. Semoga menjadi sehat dan mendapat peluang bisnis baru.

Berani menghadapi tantangan untuk menjadi gembira dengan cara menyehatkan? Bagaimana pendapat sahabat?

No comments:

ilmu adalah investasi tiada henti