ikatlah ilmu dengan menuliskannya"sanitomichie"

Monday, July 23, 2007


Melangkah dalam satu tujuan menuju ridho illahi.
Muslimah Seharum Melati

Wanita sering digambarkan sebagai sekuntum bunga,indah,cantik,beraneka warna,,membuat idah dimana ia berada,menyenangkan bagi siapa saja yang melihatnya . Tak jarang orang menjadika bunga sebagai hiasan namun juga untuk penggunaan yang lainnya,seperti terapi. Ada kebanggaan tersendiri bagi kaum wanita bila dirinya diidentikan dengan sekuntum bunga. Terasa romantis dan membuat perasaan melambung tinggi ketika mendengarnya. Seperti puisi tempo tempo dulu yang sarat dengan perumpamaan. Dewasa ini mungkin sudah bukan jamannya lagi seorang wanita mudah terbuai ketika dirinya disanjung bagaikan bunga. Kaum wanita semakin kritis pemikirannya ,tidak semua wanita memberi arti keindahan, sejalan dengan pemahaman permukaan bulan itu tidak rata,berbatu batu penuh dengan lekukan seperti kawah ,maka seorang wanita cantik tidak mau diibaratkan bak bulan purnama. Karena berarti wajahnya penuh bopeng bekas jerawat,tidak mulus.
Ada bunga yang tampak indah bentuk namun mengeluarkan bau busuk yang menusuk hidung seperti unga bangkai misalnya. rasanya tidak akan ada wanita yang mau dirinya diibaratkan sekuntum bunga bangkai meskipun mempunyai nama yang indah, Rafflesia Arnoldi ,jadi sekarang mulai pilih pilih ,wanita diibaratkan bunga apa dulu,baru dia merasa senang. Seandainya boleh menawarkan dan memilihkan untuk kaum wanita,pilihlah bunga melati,bukan karena terkenak menjadi lambang kesucian,atau sebagai ciri khas bangsa kita atau karena baunya yang harum mewangi,namun bunga melati ini membumi,dikenal dihampir seluruh pelosok negeri bumi yang da dibumi ini,disenangi wanginya karena tidak ada yang merasa bosan. Harumnya yang khas mempesona manusia yang ada dibumi ini,meskipun sudah berubah wujud namun tetap orang mengenal jati dirinya sebagai bunga melati, Sebotol parfum atau segelas teh rasa melati atau jasmine dengan mudah dikenali karena ada ciri khasnya. bahkan dewasa ini minyak esensial melati dijadikan salah satu bahan terapi. Subhanallah ,seandainya kaum wanita khusunya kaum muslimah seperti bunga melati ini.kehadirannya menyegarkan suasana dengan keharuma yang terpancar dari akhlaknya,bukan dari sekedar tetesan parfum yang menempel ditubuhnya. Walaupun kecil bunga melati mampu memberi arti bagi orang banyak. Kaum muslimah walau dengan keterbatasan gerak,namun mampu menembus peradaban dengan tunduk patuhnya pada aturan Allah. kelemahlembutannya menjadi modal utama untuk mendidik danmembentuk generasi baru yang akan meneruskan peradaban umat manusia,generasi rabbani.keberadaan muslimah mampu menjadi penyejuk ,terap bagi jiwa jiwa yang memerlukan khususnya bagi keluarganya.
Kemajuan jaman dengan segala bentuk teknologi canggih tidak menjadi penghalang bagi muslimah untuk mempertahankan jati dirinya,menundukan pandangan dan hijab yang melindungi diri menjadi ciri khasnya. Dimanapun dsan kemanapun muslimah berada orang akan mudah mengenalnya bukan karena ia keturunan orang penting atau terpandang cantik atau berharta melimpah,namun karena ketawaduan dan kemuliaan akhlaknya sderta kecerdasan akal pikirannya.
Mungkinkah semua itu ...? sesungguhnya segala sesuatu yang Allah ciptakan tidak ada yang sia sia ,sepintas mungilnya bentuk bunga melati tidak begitu berarti ,namun setelah diteliti ternyata kehadirannya mampu mengalahkan bunga bunga lain yang jauh lebih besar dan indah rupanya. Allah sengaja menciptakan demikian agar kita mampu untuk terus menggali ilmu dan hikmah dibalik penciptaan-Nya.
Sudah saatnya kaim wanita ,khususnya muslimah untuk bangkit...! tidak menjadika kerudung lebarnmya sebagai penghambat untuk berkarya atau alasan takut terdedah( terbuka ) hijabnya.Allah menciptakan aturan untuk kebahagiaan hamba-Nya bukan untuk mempersulit.
Dewasa ini muslimah sudah memperlihatkan cirinya dengan kerudung. hampir diberbagai pelosok daerah bahkan diluar negeri,muslimah ada yang tetap istiqomah dengan kerudungnya. Namu semua itu belum cukup,belum semua mampu menebarkan bau harumnya seperti melati.bahkan terkadang ibarat bunga melati plastik,indah rupa namun tidak ada ruhnya,hanya sekedar pajangan dan bila sudah berubah warna karena debu atau kotoran,dibuang begitu saja.
Ilmu dan wawasasn yang mutlak diperluka agar kita tidak terlindas oleh kemajuan zaman dan bertambah kompleksnya masalah,kaum muslimah jangan segan segan untuk menuntut ilmu seluas luasnya selagi ada kesempatan terus berusaha untuk meng upgrade dirinya.mengadakan perubahan perubahan kearah kebaikan,menjadi muslumah shalehah yang diharapkan-Nya.
Kerukuna dan kekompakan antar muslimah akan membawa suasana baru bagi lingkungan sekitar ,kompak bukan dalam hal bergosip ria namun kompak dalam berbagi ilmu dan wawasan.Keharuman bunga melati kurang memberi kalau hanya sekuntum saja.akan kalah terlindas oleh bunga lainnya yang jauh lebih besar dan indah. Begitupun dengan seorang muslimah,akan lebih banyak membawa arti apabila berada dalamsatu kesatuan yang kompak, bukankah melati akan tampak lebih indah bila berada dalam suatu rangkaian...? lebih tampak indah dan anggun ,dan yang pasti lebih semerbak harumnya.***
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/gambar/melati.jpg
By Ikhsan Sanitomichie email-AbuBa_8@yahoo.co.id/http://istanasurgaku.blogspot.com

No comments:

ilmu adalah investasi tiada henti