ikatlah ilmu dengan menuliskannya"sanitomichie"

Thursday, July 19, 2007

Melangkah dalam satu tujuan menuju ridho illahi.

Indahnya Cinta

Tak ada teman yang abadi untuk dibahas selain masalah cinta,tengok saja mulai dari lagu,prosa puisi,novel bahkan film semuanya didominasi dengan tema cinta ,wajar karena cinta adalah perasaan universal,dimana mana diseluruh dunia,orang membutuhkan dan menginginkan cinta.Bagi remaja ,masalah cinta itu ibarat nasi yang membuat orang mati lemas kelau tidak menyantapnya ,sayangnya cinta justru sering ternoda justru oleh mereka yang sedang jatuh cinta. Tidak jarang jatuh cinta malah menjadi ajang pelampiasan hawa nafsu cinta tidak lagi menjadi sesuatu yang suci dan indah,cinta sudah menjadi kubangan, lumpur kemaksiatan,lalu sebenarnya apa hakikat cinta itu...? The Power Of Love........Cinta tak terbatas feeling,tetapi memiliki kekuatan untuk mengubah dan menggugah. Orang yang merasakan cinta bisa mengubah dirinya demi orang yang dicintainya cinta bisa mengubah yang buruk menjadi baik,yang urakan menjadi sopan yang pendiam bisa menjadi periang,cinta juga bisa membuat orang menjadi kreatif,banyak pujangga dan musisi menghasilkan masterpiece,karya karya hebat karena dorongan cinta yang dirasakannya.
Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyah dalam bukunya RaudahAl-muhibbin wa Nuzhah Al-Musytaqin memberika komentar mengenai pengaruh cinta dalam kehidupan seseorang."Cinta itu bisa menyucikan akal,mengenyahkan kekawatiran,mendorong untuk berpakaian yang rapih,makan yang baik baik memellihara akhlak yang mulia,membangkitkan semangat,mengenakan wewangian ,memperhatikan pergaulan yang baik,serta memelihara adab dan kepribadian ,Tapi cinta juga merupakan ujian bagi orang orang yang shaleh dan cobaan bagi ahli ibadah."ujarnya.
Subhanallah ! Cinta memiliki kekuatan yang luar biasa pantaslah kalua cinta membutuhkan aturan. Tidak lain dan tidak bukan,agar cinta itu tidak berubah menjadi cinta yang membabi buta dapat menjerumuskan manusia pada keidupan hewani dan penuh kenistaan, Bila cinta dijaga kesuciannya,manusia akan selamat.Para pasangan yang saling mencintai tidak hanya akan dapat bertemu dengan kekasih yang dapat memupus kerinduan,tetapi mendapat juga ketenangan ,kasih sayang, cinta dan juga keridhaan dari zat yang menciptakan cinta yaitu Allah SWT.
Allah SWT berfirman,"Dan diantara tanda tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untuk istri isatri dari jenismu sendiri,supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya ,dan dijadikan-Nya diantara kamu rasa kasih sayang .Sesungguhnya yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanada bagi kaum yang berpikir."( QS ar-Ruum[30]:21)
Antara Cinta Dan Pacaran.
Bagi sebagian besar orang ,cinta sangat identik dengan pacaran,orang orang yang pacaran pasti saling mencintai.dan orang yang saling mencintai pasti pacaran.sebenarnya apakah pacaran itu ..? benarkah pacaran itu wujud atau penjelmaan dari cinta...?
Dalam kamus islam,pasti kita tidak akan menemukan satupun rujukan tentang pacaran,sebab istilah pacaran tidak ada dalam sejarah dan tradisi islam pacaran bukan jalan untuk menuju pernikahan .salah satu cara untuk mengenal adalah khitbah,lalu kepada siapa cinta itu diberikan...?
  • Cintailah Allah SWT......Allah SWT sungguh sangat pencemburu Dia tidak mau cinta hambanya dibagi dengan cinta yang lain.kita sebagai hamba Allah harus benar benar mencintai Allah ,sebagaimana firman-Nya"Da diantara manusia ada orang orang yang menyembah tandingan tandingan selain Allah, mereka mencintainya seakan mencintai Allah,adapun orang orang yang beriman sangat mencintai Allah..."( QS al-Baqarah[2]:165),dalama ayat ini janganlah Allah tidak dicintai,yang mencintai Allah sama denga ,mahluknyapun Allah tidak suka,maka prioritaskan cinta kita yaang pertama dan utama hanya kepada Allah SWT.
  • Mencintai Rasullallah.......Sabda Rasul bagi yang ingin merasakan manisnya iman ( cinta) maka hendaklahia mencintai Allah Rasulallah"ada tiga golongan yang akan merasakan manisnya iman :
  1. mereka yang mencintai Allah dan Rasulnya lebih dari selain kepada keduanya
  2. orang yang saling cinta karena Allah dan Rasul
  3. seorang yang membenci kepada kekafiran sebagaimana dia benci dilemparkankedalam api neraka"( al-hadits)
  • Cinta kepada orang tua.......setelah Allah dan Rasul-Nya prioritas cinta kita kepada kedua orang tua kita karena merekalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Kasih sayang kedua orang tua tidak pernah akan lekang oleh jaman,tidak akan hambar oleh waktu,teramat durhaka orang yang mengabaikan cinta kepada kedua orang tua padahala kasih sayang mereka sepanjang masa .firman Allah ( al-Isra 23-24)
  • Cintailah sesama.......manusia memang tidak bisa hidup sendiri ia memang mahluk sosial yang membutuhka orang lain bahkan Rasul menyampaikan bagi mereka yang berharap keridhaan Allah hendaklah ia mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri( al hadits). Suatu saat Rasulallah didatangi oleh sahabat yang menempatkan." : " Ya Rasulallah saya mencintainya karena Allah ,apakah engkau telah mengabarinya tanya Rasul. belum ya Rasulullah.maka Rasul berkata temuilah dan katakan padanya engkau mencintainya."
  • Cinta alam sekitar.......Kita hidup sebagai manusia memiliki tugas mengemban amanah khalifah( sebagai pemimpi dimuka bumi ) baik atau rusaknya alam ini disebabkan oleh tangan manusia,maka jika ia ingn hidupnya sejahtera,aman dan nyaman harus mencintai lingkungan sekitarnya,sehingga tidak terjadi bencana,polusi dan kerusakan kerusakan lainnya.wallahu a'lam bishshawab,.....

myspace codes
Myspace Codes: MyNiceSpace.com

By Sanitomichie

email-AbuBa_8@yahoo.co.id

No comments:

ilmu adalah investasi tiada henti